Rumah Klasik Modern

on . Posted in Lain-lain

Bangunan rumah bergaya klasik modern dengan interior yang serbaminimalis terlihat cantik dan elegan. Seperti yang dilakukan keluarga H Sugih HS untuk rumah idamannya di Cikarang.

rumah klasik modern1 Rumah Klasik Modern

rumah-klasik-modern

Profil rumah yang kami tampilkan sekarang adalah milik H Sugih HS, yang lokasinya di Jln Raya Lemah Abang, Kp Cibeber, Cikarang. Berkunjung ke kediaman ini cukup memberikan inspirasi menarik dalam menata hunian idaman di wilayah penyangga Ibu Kota tersebut.

Rumah keluarga Sugih berada dalam satu area kompleks yang merupakan hunian keluarga besarnya. Tepat di depan dan samping, berdiri rumah milik saudara-saudaranya. Karena itu, pagar utama dibangun jauh di depan sebagai akses masuk bersama. Namun, sebagai pembatas, area lantai depan rumahnya didesain dengan motif mengotak antara batu koral kecil-kecil dan semen biasa. Motif ini sengaja dipilih guna menyelaraskan lantai di dalam rumah yang motifnya didominasi marmer.

H Sugih HS merasa kalau rumahnya yang berdiri di atas tanah seluas 270 meter persegi ini tidak memiliki gaya khusus. Jika diperhatikan pada furnitur yang digunakan, cenderung bergaya minimalis. Namun, desain arsitekturnya lebih bergaya klasik modern. “Jadi kalau digabungkan, bisa disebut gaya minimalis klasik modern,” ujarnya.

Dilihat dari depan, fasad bangunan terlihat klasik dikombinasikan dengan taman kecil yang tanahnya berkontur. Kehadiran dua batu penghias dan dindingnya yang dilapisi batu alam membuat tampak luar rumah tidak monoton.

Persis di sebelah pintu masuk, langsung ditemui sebuah tangga menuju lantai dua. Ayah empat putra ini mengaku kalau desain tangga tersebut sengaja dibuatnya karena area pribadi yang sebenarnya berada di lantai dua.

Di lantai satu, hanya ditemukan sebuah lemari kecil yang letaknya tak jauh dari tangga tersebut. Sementara di sudut yang berseberangan dengan tangga, terdapat ruangan yang desainnya lega dan tanpa sekat.

“Awalnya, area ini hanya digunakan sebagai garasi, tetapi seiring waktu jadi tempat menerima tamu formal dan meja kerja,” ujarnya seraya menunjuk bagian rumah yang hanya diisi dua set kursi tamu dan sebuah meja kerja tersebut.

Area ini pun dibedakan dengan penggunaan lantai granit yang tidak sama sehingga bisa sekaligus sebagai partisi area. Tak hanya itu, level lantai juga dibuat berundak (split level) dengan perbedaan ketinggian sekitar 30cm.

Di sudut ruangan ini, terdapat sebuah kamar yang tadinya sebuah studio musik. Namun, karena anak ketiganya yang hobi musik kuliah di luar kota, maka ruangan tersebut akhirnya jadi gudang. Selain gudang, juga terdapat kamar mandi dan sebuah lorong sebagai akses menuju area servis yang sengaja dibuat terpisah dengan rumah yang dibangun tahun 2003 ini.

Naik ke lantai dua, akan ditemukan void yang sangat tinggi dengan desain kubah di atasnya. Railing tangga juga bergaya klasik yang jadi penguat ciri rumah ini. Selain itu, anak tangga sebanyak 17 itu juga dibangun menggunakan bahan marmer. Tangga memutar ini semakin terang dengan adanya susunan glass block yang jumlahnya sangat banyak dan ditata membentuk sebuah motif.

“Kebetulan saya sangat suka dengan marmer. Itu sebabnya di lantai dua ini, saya gunakan keramik yang motifnya seperti marmer. Oh iya, saya juga suka warna cokelat loh,” ucap Sugih,tersenyum.

Memang penggunaan warna cokelat dengan turunannya sangat mendominasi rumah berluas bangunan 520 meter persegi ini. Misalnya saja,penggunaan gorden,lantai, railing tangga, dinding, furnitur, kitchen set, sampai bed cover, semuanya berwarna cokelat dari yang tua sampai yang muda.

Setelah menginjakkan kaki di anak tangga yang terakhir, di sebelah kiri yang mengarah ke depan rumah langsung ditemui teras yang desainnya sangat sederhana. Di sini terdapat satu set kursi kayu minimalis yang disusun berjejer.

Adapun ruangan keluarga dibuat menyatu dengan ruang makan yang mejanya juga menggunakan marmer. Meja ini memiliki desain yang membulat dengan bagian tengah yang bisa memutar.

Dari ruangan keluarga ini juga bisa langsung mengakses ke dapur dan tiga kamar lainnya. Ketiga kamar tersebut juga didesain minimalis. “Hampir semua desain interiornya saya buat minimalis biar kontras dengan desain arsitektur luarnya,” tutur pria ramah ini, tersenyum lebar.

( okezone.com)

Berhubungan Dengan...

Tags: