Dengan Kabinet Bawah Tangga Ruang Lebih Lapang

Pada saat inilah anda dituntut untuk mendandani rumah agar tetap terlihat cantik dan juga pastinya nyaman, apalagi jika memiliki anak yang masih balita. Salah satu caranya adalah dengan memaksimalkan fungsi kabinet bawah tangga, jika rumah anda terdiri dari dua lantai.

Kabinet Bawah Tangga

Kabinet Bawah Tangga

Rumah dua lantai memang menjadi pilihan banyak orang. Selain untuk memaksimalkan ruangan dari lahan yang sempit, terkadang lantai atas juga dijadikan arena untuk melakukan berbagai aktivitas. Sebut saja untuk menjemur pakaian sebagai fungsi yang paling sering. Tidak jarang ada juga keluarga yang menjadikan lantai atas sebagai tempat bersantai, misalnya dengan mempermaknya menjadi taman, dan lainnya. dengan demikian ada ruangan kosong dibawah tangga yang bisa anda manfaatkan. Karena fungsi kabinet bawah tangga ini sangatlah banyak. Antara lain untuk:

  • Rak sepatu,
  • Rak buku,
  • Lemari display,
  • Tempat menyimpan mainan anak, dan lainnya.

Untuk fungsi-fungsi diatas mungkin anda sudah banyak mengenal, tetapi tidak demikian dengan lemari display bukan? Jika anda membuat fungsi kabinet bawah tangga sebagai lemari display, berarti ada beberapa pilihan yang anda miliki. Yaitu membuat kabinet tertutup dengan lemari kaca, atau bahkan tidak menutup kabinet ini sama sekali.

Kabinet Bawah Tangga

Kabinet Bawah Tangga

Adapun beberapa barang yang dapat anda letakkan di kabinet ini juga sangat beragam. Mulai dari foto, piala, koleksi dari hobi anda, sampai aquarium. Hal terpenting yang harus diperhatikan jika anda menggunakan fungsi kabinet bawah tangga sebagai lemari display adalah anda harus disiplin membersihkan. Baik kabinet ini tertutup dengan lemari kaca ataupun terbuka. Karena letaknya yang dibawah dan sedikit tersembunyi, biasanya ada banyak debu yang tertarik menghampiri kabinet tersebut.

 

Kabinet Bawah Tangga Untuk pemilihan bahan yang digunakan sebagai kabinet juga bermacam-macam. Bisa perpaduan antara kayu dan kaca, bisa juga anda gunakan kaca di keseluruhan bagian kabinet. Untuk ukuran, maka tinggal menyesuaikan dengan tinggi tangga di rumah anda. Contohnya:

  • Untuk rak buku, tidak ada salahnya anda menggunakan seluruh bagian dari tangga, kecuali tentu yang paling rendah. Apalagi jika anda ingin menghadirkan nuansa perpustakaan di ruangan tersebut.
  • Untuk rak sepatu, anda pilih yang tangga tingginya hanya berkisar 1 sampai 1,5 meter dari lantai, karena tentu anda ingin semua anggota keluarga bisa merapikan sepatunya bukan? begitu juga untuk lemari penyimpanan.

Intinya ukuran dari kabinet ini tergantung apa fungsi kabinet bawah tangga yang anda hadirkan. Namun jangan lupa, tetap ada kesan manis yang tidak boleh anda tinggalkan, selain praktis, kesan nyaman tetap hadir di hunian anda. Sehingga dengan memaksimal kabinet bawah tangga ruangan akan terasa lebih lapang atau lebih lega.