Tips Cara Menata Ruang Tamu

Tips Cara Menata Ruang Tamu Untuk Kesan Pertama Para Tamu

Tips Cara Menata Ruang Tamu Untuk Kesan Pertama Para Tamu. Rumah yang nyaman dan bersih tentu telah menjadi impian banyak orang. Tentu Anda sangat paham jika rumah bukan hanya sekedar tempat tinggal saja. Namun rumah juga menjadi tempat untuk semua penghuninya melepaskan kerinduan, kepenatan, rasa stres, dan lainnya.

Rumah akan bisa menjadikan rumah kian istimewa di hadapan tamu adalah dari penataan dan desain ruang tamu. Alasannya tentu saja karena ruang tamu menjadi tempat untuk tamu pertama melihat rumah Anda. Sehingga kesan tertentu dapat timbul dari pandangan di ruangan ini.

Kesan para tamu terhadap keadaan rumah memang bermacam-macam ada yang memiliki kesan negatifdan kesanpositif. Bahkan ada yang memiliki kesan tak akan terlupakan. Tergantung bagaimana kita, menata ruang tersebut.

 

Apa Itu Ruang Tamu

Ruang tamu adalah suatu tempat untuk menerima tamu sekaligus untuk berkomunikasi dengan orang luar yang datang. Ruang tamu biasanya terletak di bagian depan susunan bangunan rumah tinggal. Sehingga ruang tamu menjadi ruangan pertama yang dimasuki. Ruangan ini biasanya dijauhkan dari tempat tidur untuk melindungi privasi tuan rumah. Tetapi dekat dengan dapur dan ruang makan untuk memudahkan melayani tamu.

 

Cara Mentata Ruang Tamu

Cara Mentata Ruang Tamu

Untuk mendapatkan ruang tamu yang nyaman serta sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Namun keinginan untuk menyenangkan para tamu, tentunya agak lebih sulit ketimbang menyenangkan diri sendiri. Pasalnya setiap manusia memiliki selera dan pandangan berbeda, untuk menilai sesuatu.

Meskipun demikian kita harus tetap berusaha menata ruangan tersebut. Ada beberapa cara sederhana untuk menata ruangan yang dapat dimulai dengan menata dari perabotan wajib dan menata dari material lantai.

Setelah cara diatas dilakukan namun masih terasa kurang dihati. Anda dapat melanjutkan dengan pemilihan warna dinding, pencahayaan dan menata dekorasi tambahan. Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya.

 

Menata Perabotan Wajib Dan Material Lantai

Menata Perabotan Wajib Dan Material Lantai

Menata dari perabotan wajib

Untuk menata ruang tamu, yang pertama adalah dari segi perabotan wajib terlebih dulu. Beberapa perabotan yang dimaksud misalnya adalah kursi atau sofa. Jika Anda adalah tipe orang yang sering kedatangan tamu, maka tipe yang tepat adalah tipe sofa yang empuk dan nyaman. Selain itu dengan menambah meja. Jika meja biasa terlihat penuh, maka bisa menggunakan side table yang lebih hemat ruang. Anda juga bisa menambahkan tempat penyimpanan seperti lemari kecil dimana bisa menyimpan perabot atau apapun itu sehingga lebih rapi.

Menata dari material lantai

Dari segi ruang tamu, tentu material pada lantai juga menjadi elemen penting yang tak akan bisa Anda lepaskan. Material lantai haruslah senyaman mungkin. Untuk material yang biasa dipakai tentu saja lantai ubin atau keramik. Namun karena kesannya cenderung dingin, maka Anda bisa menggantinya dengan material yang lebih hangat misalnya saja parket atau vynil. Untuk yang ingin memberikan kesan mewah, maka material berupa marmer bisa jadi pilihan.

 

BACA JUGA:

 

Menata Warna Dinding, Pencahayaan dan Dekorasi Tambahan

Menata Warna Dinding, Pencahayaan dan Dekorasi Tambahan

Menata dari pemilihan warna dinding

Desain ruang tamu selanjutnya tentunya dari segi warna dan juga pola yang mungkin ingin. Anda sisipkan di dinding ruang tamu Anda, sesuai tema yang dibangun. Dengan adanya warna dan pola dinding, maka hal ini akan pengaruh bagus untuk atmosfir ruangan di ruang tamu Anda. Untuk warna lebih direkomendasikan dengan warna terang dan juga pola yang tak terlalu penuh. Warna terang tak harus selalu warna neon, namun bisa dipilih misalnya saja warna-warna pastel.

Menata dari pencahayaan

Untuk bagian pencahayaan yang ada di ruang tamu, Anda juga harus menatanya dengan baik. Fungsi pencahayaan ini tak hanya bisa mempermudah aktivitas Anda saja. Namun juga akan bisa menjadikan suasana ruang tamu menjadi lebih hidup. Apabila Anda sering menghabiskan waktu di ruang tamu misalnya hanya untuk baca buku atau lainnya. Maka lampu terang dengan warna putih lebih direkomendasikan. Namun untuk cahaya temaram cenderung akan cocok jika ruangan lebih sering untuk ngobrol.

Menata dengan dekorasi tambahan

Untuk penataan dengan dekorasi tambahan bisa dilakukan misalnya Anda ingin menambahkan karpet, lukisan dan lain sebagainya sesuai dengan kesukaan Anda.

Demikian sedikit tips sederhana tentang cara menata ruang tamu, agar para tamu yang datang memilikikesan yang baik. Dengan kesan yang baik, otomatis timbul kenyamanan dan biasanya komunikasi juga akan lebih baik.

Sumber: Kontraktor Interior