Mengatasi Rumah Tua dan Rusak
Mengatasi Rumah Tua dan Rusak

Mengatasi Rumah Tua dan Rusak

Memiliki rumah yang sudah rusak karena usia yang sudah tua, sebaiknya anda melakukan perbaikan rumah tersebut dengan baik. Sehingga anda tidak perlu membeli rumah baru, sebab anda sudah memiliki rumah yang bisa ditinggali dengan sedikit renovasi rumah tersebut. Tidak dapat dipungkiri bahwa rumah merupakan sebuah bangunan yang membutuhkan perawatan. Perawatan ini tentunya bisa dilakukan apabila rumah tersebut ditinggali, sehingga mengetahui letak kerusakan dan bisa diperbaiki dengan tepat. Namun, apabila anda memiliki rumah yang sudah lama tidak dihuni sehingga muncul berbagai kerusakan.

Maka anda perlu meluangkan waktu, tenaga, dan juga biaya untuk bisa menjadikan rumah tua tersebut siap untuk dihuni. Melakukan perbaikan rumah tua dan sudah rusak sebenarnya bisa dilakukan dengan cara sederhana. Namun memang perlu diakui bahwa teknik perbaikan entah besar maupun kecil sangat bergantung pada kerusakan yang terjadi. Semakin parah kerusakan yang timbul maka beban anda juga akan semakin besar. Anda bisa memperbaikinya secara perlahan, mulai dari yang paling mudah hingga pada bagian yang tersulit.

Bagi anda yang memiliki persoalan serupa dalam perbaikan rumah tua, maka berikut tips langkah-langkah mudah memulai perbaikan tersebut:

  • Mulai membersihkan rumah
    Langkah pertama dalam memperbaiki hunian yang sudah termakan usia adalah dengan membersihkannya dari sampah. Terlebih jika hunian tua yang dimiliki sudah lama tidak ditinggali, maka luangkan waktu sehari untuk membersihkan rumah secara total. Buang barang-barang yang tidak digunakan atau yang sudah rusak agar tidak membuat rumah terlihat sumpek. Bersihkan area lantai, area langit-langit rumah, bagian sela tangga, dan lain sebagainya secara menyeluruh. Rumah yang bersih akan lebih mudah diperbaiki, sebab kerusakan yang terjadi lebih mudah terlihat dan bisa segera ditangani.
  • Tengok kondisi bagian bangunan
    Cek bagian lantai, dinding rumah, tiang rumah, dan seluruh bagian rumah apakah ada yang mengalami kerusakan ataukah masih baik kondisinya. Jika menjumpai kerusakan pada ubin misalnya, anda bisa mulai perbaikan rumah dari ubin tersebut. Bisa dengan menambal ubin yang rusak atau mengganti ubin secara keseluruhan jika kerusakannya parah. Demikian juga dengan bagian-bagian rumah lainnya, jika masih bisa dipertahankan maka sebaiknya diperbaiki seperlunya. Namun jika kerusakan cukup parah, sebaiknya anda memperbaiki dengan menggantinya secara keseluruhan.
Rumah Tua dan Rusak

Rumah Tua dan Rusak

  • Lapisi rumah tua dengan cat baru
    Rumah yang sudah tua umumnya akan memiliki cat yang sudah mengelupas, sehingga perlu diganti dengan cat yang baru. Anda bisa memilih warna yang disukai untuk perbaikan rumah tua agar dindingnya nampak baru. Berikan sentuhan warna yang berbeda sehingga kesan tua bisa hilang sama sekali dan berganti dengan warna yang lebih segar. Jika kebetulan anda memiliki rumah tua yang cenderung kecil maka sebaiknya memilih warna cat yang cerah. Namun jika rumah anda tergolong besar, anda akan lebih bebas bereksperimen. Sebab bisa menggunakan warna yang gelap, cerah, maupun perpaduan keduanya.
Rumah telah diperbaiki

Rumah telah diperbaiki

  • Mengisi rumah dengan perabotan baru
    Ketika kerusakan yang terjadi sudah diperbaiki dengan baik, kini anda tinggal memberikan sentuhan lebih modern. Selain memoleskan warna cat baru, anda juga perlu menggunakan perabotan yang baru agar kesan tua sedikit berkurang. Pilih perabotan yang anda inginkan namun tetap mempertimbangkan desain rumah yang dimiliki. Perabotan tertentu akan sangat pas untuk desain rumah tertentu pula. Semisal rumah klasik ada baiknya anda mengisinya dengan perabotan etnik, seperti perabotan dari kayu maupun kerajinan tangan. Sukses melakukan renovasi rumah tua menjadi lebih modern dan nyaman dihuni.