Renovasi Ruang Kantor
Renovasi Ruang Kantor

Renovasi Ruang Kantor, Demi Produktivitas

Untuk membuat produktivitas karyawan kantor semakin meningkat, ruangan yang menyenangkan adalah kuncinya. Apalagi jika beban pekerjaan banyak, mengakibatkan karyawan harus sering lembur. Di saat seperti itu, kantor adalah rumah kedua, dan kenyamanan kantor akan meningkatkan moral. Inilah kenapa renovasi ruang kantor sangat diperlukan, supaya karyawan di dalamnya bisa bekerja optimal.

Sebelum Anda melakukan renovasi ruang kantor, lakukan riset dahulu, apa itu kantor yang baik? Berikut adalah beberapa kriteria ruang kantor nyaman:

  • Bersih, Ruangan kantor harus mudah dibersihkan, yang dilakukan secara rutin setiap hari.
  • Luas yang pas, Kantor yang nyaman memberikan ruang untuk pekerjanya. Setidaknya untuk setiap pegawai tersedia ruang seluas 3,7 m2, menjaga privasi.
  • Penerangan cukup, Kantor yang terang membuat karyawan lebih bersemangat. Hindari sudut yang gelap atau temaram.
  • Suhu udara, Demi kenyamanan, suhu udara harus berada di kisaran 16-22o Celcius. Usahakan juga ruangan mendapatkan sirkulasi udara yang baik, supaya kantor tidak terasa pengap.
  • Ada fasilitas pelengkap, Tersedia kamar mandi dan klinik, ruang cuci muka, tempat air minum, ruang jaket/mantel, alat pemadam kebakaran, dll.

Sudahkah ruang kantor Anda memiliki semua itu? Jika belum, ini saatnya renovasi ruang kantor. Pertimbangkan hal-hal berikut ini:

  • Tujuan, Tentukan tujuan renovasi. Apakah menarik karyawan baru, membuat lingkungan menjadi lebih kondusif untuk bekerja, memperluas ruangan, atau semuanya?
  • Memilih jasa renovasi yang tepat, Berhubung renovasi kantor bisa dibilang adalah sebuah investasi, maka Anda tentunya memerlukan orang terbaik untuk melakukannya. Pilih kontraktor yang punya kredibilitas, transparan dalam sistem pembayarannya, dan juga bisa diajak untuk konsultasi.
  • Prioritas, Mana yang akan direnovasi terlebih dahulu, atau mana yang paling urgent? Selain itu, pastikan bahwa renovasi ini masih masuk dalam aturan pemerintah sehingga tidak timbul masalah.

Renovasi ruang kantor juga harus memfokuskan diri ke hal-hal yang ke depan. Apa yang akan diraih dari renovasi ini? Bagaimana nantinya dampak kepada karyawan dan juga lingkungan di sekitarnya? Apakah konsumen akan merasa lebih dekat dengan perusahaan? Pikirkan hal tersebut ketika Anda memutuskan hendak melakukan renovasi, sehingga tidak terjadi perubahan rencana di tengah jalan.

Dalam melakukan renovasi ruang kantor, Anda juga harus memikirkan desainnya. Berikut adalah beberapa tips yang bisa diaplikasikan:

  1. Interior yang berbeda untuk tiap divisi
    Karena setiap divisi mempunyai fungsi yang berbeda, tidak ada salahnya bagi Anda untuk membuat ruangan tersebut juga berbeda, disesuaikan dengan kebutuhan karyawan di dalamnya. Selain mencegah kebosanan, desain menarik akan meningkatkan produktivitas.
  2. Memilih warna menarik
    Warna yang terang bisa membuat ruangan terasa cerah dan dinamis, cocok jika karyawan memerlukan tambahan semangat, seperti warna merah atau orange. Warna biru atau hijau berguna jika Anda ingin ketenangan dan konsentrasi.
  3. Dinding dekoratif
    Dinding yang tidak hanya polos saja bisa membuat ruang kantor terlihat lebih personal, dan tidak hanya sekedar tempat kerja saja. Pekerja juga bisa menggantungkan foto-foto pribadi di sana.
  4. Jendela besar
    Jendela yang besar membuat matahari bisa masuk dengan leluasa, membuat ruangan terang, dan juga mencegah pekerja bosan.

Supaya Anda bisa melakukan renovasi ruang kantor dengan tepat, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan kontraktor dan desainer interior. Diskusikanlah juga dengan pekerja yang akan menempati ruangan tersebut, sehingga Anda tahu apa yang mereka inginkan. Semakin ruang kantor nyaman, karyawan juga akan merasa semakin memiliki, dan menjaga ruangan tersebut dengan baik.