Tips Beli Rumah Baru, Agar Sesuai Dengan Kebutuhan dan Kemampuan Anda
Tips Beli Rumah Baru

Tips Beli Rumah Baru, Agar Sesuai Dengan Kebutuhan dan Kemampuan Anda

Tips Beli Rumah Baru, Agar Sesuai Dengan Kebutuhan dan Kemampuan Anda. Saat Anda sudah berkeluarga atau mencapai umur tertentu dalam kehidupan Anda, pastilah ada saat di mana Anda ingin memiliki rumah Anda sendiri. Demi privasi dan ketenangan, maupun demi melatih diri Anda untuk benar-benar hidup mandiri dan lepas dari orang tua. Namun dalam membeli rumah baru atau rumah pertama mereka, banyak orang yang mengalami kebingungan dan bahkan melakukan kesalahan. Jangan sampai ini terjadi pada Anda, dan lihatlah tips beli rumah di bawah ini.

Kondisi Keuangan

Hal pertama yang harus Anda ketahui dengan pasti adalah kondisi keuangan Anda saat akan membeli, dan rumah macam apa yang bisa Anda dapatkan dengan keadaan finansial Anda. Mudah saja untuk membayangkan membeli rumah besar dengan 3-4 kamar, lengkap dengan halaman luas dan kolam renang, tapi Anda jelas tak akan bisa membelinya kalau gaji Anda saja tak lebih tinggi dari gaji minimum daerah. Pertimbangkan hal ini:

  • Anda harus membayar uang muka untuk membeli rumah, dan ini bisa sampai 25% dari harga total rumah.
  • Anda biasanya harus menggunakan KPR (Kredit Pemilikan Rumah) supaya bisa melunasi rumah, dan ini bisa sampai bertahun-tahun (5-20 tahun).
  • Anda masih juga harus membayar untuk perbaikan rumah dan keperluan di dalamnya (furnitur baru, alat kebersihan, tagihan listrik dan air, dll.).

BACA JUGA :

Jadi lihat dulu pengeluaran Anda bahkan sebelum mempertimbangkan beli rumah. Ketika Anda melihat bahwa Anda boros, segera ubah kebiasaan itu dan mulailah menabung. Selanjutnya, dengan budget yang sudah Anda pertimbangkan, Anda harus:

  • Melakukan kompromi untuk lokasi rumah. Kalau tak bisa mendapatkan rumah di lokasi strategis karena mahal, pertimbangkan alternatif kedua atau ketiga.
  • Periksa kebutuhan, apakah Anda perlu rumah dekat jalan raya, transportasi umum, atau sekolah/tempat kerja?
  • Mempertimbangkan pilihan pembayaran. Jika Anda bisa mendapatkan rumah subsidi, ini bisa jadi pilihan agar tak memberatkan keuangan Anda.
  • Cari agen perumahan profesional untuk membantu mendapatkan lokasi bagus sehingga Anda tak memakan waktu mencari rumah.

Tips Beli Rumah

Tips Beli Rumah

Selain hal-hal di atas, tips beli rumah lain yang bisa ditambahkan adalah:

  • Anda tak harus selalu memiliki rumah Anda jika memang keuangan belum mencukupi. Menyewa atau kontrak bisa jadi pilihan.
  • Datangi rumah yang akan Anda beli tersebut sebelum menyetujui apa pun. Dengan demikian, Anda akan tahu kondisi rumah secara detail dan bisa menghindari adanya penipuan.
  • Kalau Anda memang merasa bahwa Anda berada di pihak yang dirugikan, alias masih banyak rumah lain di lokasi strategis dengan harga lebih baik, Anda berhak untuk menolak tawaran.
  • Ketika memilih pengembang, perhatikan track record dari pengembang tersebut, apakah mereka bertanggung jawab dan akan serah terima rumah tepat waktu.

Di samping hal-hal di atas, kalau Anda sedang berhadapan dengan agen maupun pengembang Anda juga harus memperhatikan ini:

  • Jangan ter intimidasi dan jangan sampai terburu-buru dalam mengambil keputusan, apa pun rayuan agen-agen tersebut.
  • Periksa riwayat agen properti yang Anda gunakan tersebut dan pengalaman mereka.
  • Selalu lakukan negosiasi sebisa Anda dan jangan mau di intimidasi atau dipaksa oleh pengembang.

Lakukan semua tips beli rumah di atas, dan Anda akan melihat bahwa Anda akan menemukan rumah yang Anda inginkan dalam waktu dekat. Tak hanya itu saja, proses pemilihan dan pembelian rumah tersebut juga akan relatif lancar, tanpa Anda perlu terlalu khawatir akan situasi finansial. Cukup beli dulu rumah sesuai kebebutuhan dan anggaran yang sesuai budget Anda sekarang ini, dan jangan memaksakan diri.

 Beli Rumah

Sumber :  Banjar Wijaya