Tips Memilih Atap Baja Ringan Agar Lebih Awet,Efisien dan Tahan Lama
Tips Memilih Atap Baja Ringan Agar Lebih Awet,Efisien dan Tahan Lama

Tips Memilih Atap Baja Ringan Berkualitas Agar Lebih Awet, Efisien dan Tahan Lama

Atap merupakan bagian dari sebuah bangunan yang sangat penting, bagaimana jika tidak ada atpa pada sebuah bangunan, Anda bisa membayangkan sendir :). Atap pada bangunan rumah atau bangunan lainnya memiliki fungsi utama melindungi penghuni bangunan dari berbagai cuaca, baik panas maupun hujan.

Atap sebuah bangunan memiliki beberapa unsur ada penutup atap, plafon, rangka atap, penyangga atap dan beberapa unsur lainnya.

Pada artikel kali ini tentang Tips Memilih Atap Baja Ringan Agar Lebih Awet,Efisien dan Tahan Lama ingin membahasa rangka atap khususnya yang terbuat dari bahan baja ringan atau lebih sering disebut atap baja ringan.

Rangka Atap Baja Ringan

Rangka Atap Baja Ringan

Tahapan Memilih Atap Baja Ringan

Setelah mendapatkan desain rumah atau bangunan lainnya,kita dapat menentukan ukuran, jenis bahan atap yang akan digunakan. Dan pastinya kita juga dapat menghitung perkiraan biaya pembelian material serta biaya pemasangan atap baja ringan tersebut.

Berikut beberapa tahapan memilih atap baja ringan yang akan kita gunakan.

Pertama, Menyesuaikan Rangka Baja Ringan Dengan Jenis Penutup Atap

Dengan menggunakan rangka baja ringan, Anda juga bisa membuat berbagai variasi model atap sesuai keinginan. Hanya saja perlu penyesuaian berat beban yang ditopang baja ringan. Berbagai jenis atap bisa Anda pakai seperti genteng asbes, keramik, kaca, beton atau lainnya.

Penutup Atap dan Rangka Atap Baja Ringan

Penutup Atap dan Rangka Atap Baja Ringan

Semakin berat bobot penutup atap, maka baja ringan yang Anda perlukan semakin banyak dengan tingkat ketebalan yang juga semakin tinggi.

Kedua, Mengecek Kualitas Rangka Baja Ringan

Ketelitian sebelum membeli atap baja sangat diperlukan. Dan yang lebih utama “Jangan Tergiur Dengan Harga Murah”. Baja ringan saat ini ada banyak sekali macamnya di pasaran. Namun Anda jangan sampai salah memilih baja ringan. Baja ringan yang aman digunakan tentunya memiliki kualitas yang baik. Salah satunya dapat dilihat dari standar nilai tegangan tarikan.

Agar baja ringan kokoh menopang atap, nilai tegangan tarikan yang dimiliki baja ringan setidaknya 550 Mpa. Apabila nilai tegangan tarikan semakin kecil artinya baja ringan memiliki tarikan yang semakin rendah. Hal ini berpengaruh pada kekuatan baja ringan tersebut dalam menopang beban penutup atap.

Jika Anda kurang menguasi atau kurang paham, bahakan baru pertama kali ingin menggunakan rangka baja ringan. Cara paling mudah mendapatkan petunjuk yang benar adalah meminta informasi yang benar kepada orang yang sudah berpengalaman dalam bidang baja ringan.

Ketiga, Pastikan Mendapatkan Garansi

Setelah kita mendapatkan rangka baja ringan sesuai spesifikai dan kebutuhan yang diperlukan. Pastikan baja ringan yang kita beli mendapatkan garansi, mintalah informasi dari penjual baja ringan tersebut. Garansi apa saja yang diberikan dan berlama berlakunya.

Baja ringan yang sudah kita dapatkan pastinya akan dipasang dibagian atap bangunan,tentunya memerlukan keahlian khusus dalam memasang rangka baja ringan tersebut.

Anda tidak perlu kawatir, karena saat ini sudah banyak yang dapat memasang baja ringan untuk atap bangunan dari mulai tukang biasa, bahkan suatu perusahaan ada yang menyediakan jasa pemasangan atap baja ringan, sekaligus menjual baja ringan dengan berbagai jenis.

Jika Anda tidak memiliki relasi, kenalan yang dapat memasang baja ringan. Anda dapat mencarinya pada mesin pencarian google dengan mengetikan “jasa pasang atap baja ringan”.